IMAGE SCANNER
Gambar diagaram, foto, teks hitamputih maupun berwarna dapat disimpan dengan image scanner untuk pemrosesan dengan komputer. Gradasi dari gray scale atau warna dapat direkam dan disimpan sebagai array. Setelah itu pemrosesan dilakukan dengan komputer, seperti transformasi atau cropping terhadap gambar tersebut. Berbagai jenis image scanner mempunyai tingkat resolusi hasil gambar yang berbeda. Pada photo scanner (drum scanner), gambar diletakkan pada sutau tabung yang dapat berputar. Pancaran sinar yang mengenai gambar dipantulkan kemudian diukur oleh photocell. Pada tabung berputar, sinar yang datang dari light source bergerak dari ujung satu ke ujung lain sehingga akan mengerjakan seluruh gambar. Pada gambar berwarna, beberapa filter diperlukan untuk memisahkan berbagai warna. Scanner yang menggunakan light source mempunyai resolusi lebih besar dari 2000 unit per inch.
VOICE SYSTEM
Membuat pola pengenalan gelombang suara pada saat seseorang mengucapkan suatu kata. Masukan dari voice-system digunakan untuk menginisialisasi operasi grafika / memasukkan data. Input berupa suara analog yang dikonversi ke dalam data digital untuk pemrosesan dengan komputer. Sistem ini beroperasi dengan membandingkan suatu input dengan kamus yang sudah disimpan.
Gelombang suara mempunyai frekuensi yang berbeda, dan dengan melakukan beberapa kali perulangan dapat ditentukan pola yang tertentu. Setiap kata diucapkan berulang kali, kemudian sistem menganalisis dan membuat pola frekuensi untuk kata tersebut. Kemudian sistem akan mencari frekuensi yang cocok dalam kamus.
PERALATAN HARDCOPY
Format output hardcopy diantaranya kertas,film,transparansi, dll. Kualitas gambar yang dihasilkan tergantung dari ukuran dot size dan dot per inch, atau line per inch yang dapat ditampilkan.Printer menghasilkan output dengan metode :
Impact
Karakter diperoleh dengan menekankan bentuk dari karakter tersebut ke kertas menggunakan pita, contoh : line printer
Nonimpact
Menggunakan teknologi laser, inkjet, electrostatic, electrothermal, xerographic process.
Impact Printer
Disebut impact dot-matrix printer karena pin harus menyentuh pita yang menekan kertas sehingga membentuk suatu titik (dot). Mempunyai dot-matrix print head yang berisi pin kawat dengan nomor pin sesuai dengan kualitas printer tersebut. Printer ini bertahan lama digunakan sampai sekarang karena murah, dapat menangani berbagai macam tipe dan ukuran kertas, dapat menangani banyak bentuk seperti invoice, dll. Pada aplikasi grafik dengan kualitas rendah/rancangan kasar suatu grafik cukup menggunakan printer ini.
Plotter
Pen plotter menggerakkan pen diatas kertas secara random, seperti vector-drawing. Pada pembuatan gambar garis, pen diletakkan tepat pada posisi awal garis, turun ke bawah, kemudian bergerak menurut garis lurus sampai titik akhir garis. Pada posisi tersebut pen diangkat ke atas dan berpindah ke garis lain. Cara kerja pen plotter ada 2 macam :
Flatbed plotter
Menggerakkan pen pada posisi x dan y di atas kertas. Pen dapat naik turun untuk mendapatkan posisi yang tepat pada kertas. Flatbed plotter tersedeia dengan ukuran 12 x 18 inch sampai dengan 6 x 10 feet, bahkan lebih.
Drum plotter
Berlawanan dengan flatbed plotter, drum plotter menggerakkan kertas sepanjang suatu axis dan pen sepanjang axis yang lain.
Laser Printer
Tembakan laser membuat distribusi pada tabung yang berputar dan dilapisi bahan photoelectric, seperti selenium. Toner dituangkan pada tabung, kemudian ditransferkan ke kertas.
Ink-jet printer
Menghasilkan gambar dengan memercikkan tinta berwarna cyan, magenta, yellow dan kadang black ke atas kertas. Pada beberapa tipe, ink-jet terpasang pada head dari printer. Head dari printer bergerak untuk menggambar satu scan line dan mnegulangi kembali sampai seluruh bidang kertas tercetak.
Thermal printer
Menggunakan panas untuk dot matrix print head, dan membuat output dengan kertas tertentu yang sensitif terhadap panas. Panas mentransfer pigmen dari color wax paper ke plain paper. Wax paper dan plain paper digambar bersama-sama dengan panas tertentu
untuk mentransfer pigmen. Untuk cetakan berwarna wax mempunyai empat warna yaitu cyan, magenta, yellow, black.
PERANGKAT LUNAK GRAFIKA
Perangkat lunak grafika terdiri dari 2 macam kategori, yaitu :
-Perangkat lunak untuk pemrograman
Dilengkapi dengan fungsi grafik yang dapat digunakan pada bahasa pemrograman tingkat tinggi, seperti C atau FORTRAN, contoh paket pemrograman adalah GL (Graphic Library) System yang digunakan pada peralatan Silicon Graphic. Konsep dasar general package termasuk pembentukan komponen gambar (seperti garis lurus, poligon, lingkaran,dll)
-Paket aplikasi khusus.
Membentuk suatu tampilan tanpa memikirkan bagaimana hal itu dapat terjadi.
Contoh : paket aplikasi untuk menggambar, sistem untuk bisnis, kedokteran, CAD,dll
Standar perangkat lunak
Standarisasi perangkat lunak mempunyai tujuan supaya paket aplikasi grafik yang dirancang dengan suatu fungsi standar perangkat lunak dapat digunakan tanpa tergantung pada perangkat keras tertentu.
Standar perangkat lunak adalah Graphical Kernel System (GKS) dan Programmer’s Hirarchical Interactive Graphics Standard (PHIGS).
Fungsi grafik standar adalah satu set spesifikasi grafik yang tidak tergantung pada salah satu bahasa pemrograman. Fungsi grafik tersebut didefinisikan untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi oleh Language Binding.
Standarisasi untuk metode device interface adalah sistem Computer Graphics Interchange (CGI) dan Computer Graphics Metafile (CGM) yang digunakan sebagai standar untuk penyimpanan dan pemindahan gambar.
SISTEM KOORDINAT
Pada komputer grafik ada 3 macam sistem koordinat yang harus kita perhatikan :
• Koordinat nyata
• Koordinat sistem (koordinat cartesian)
• Koordinat tampilan / layar
KOORDINAT NYATA (WORLD COORDINATE)
Adalah koordinat yang pada saat itu objek yang bersangkutan berada, misal koordinat sebuah kursi tergantung dari letak kursi itu ada dimana, bagaimana letaknya.
Dalam implementasinya koordinat nyata bisa dikatakan sebagai WINDOW yaitu area di dunia nyata yang menunjukkan bagian yang dilihat oleh pemirsa.
KOORDINAT CARTESIAN
Setiap titik yang digambar dengan teknik point-plotting lokasinya ditentukan berdasarkan sistem koordinat cartesian. Setiap titik ditentukan lokasinya melalui pasangan nilai x dan y. Dimana nilai koordinat x bertambah positif dari kiri ke kanan dan nilai y bertambah positif dari bawah ke atas.
KOORDINAT TAMPILAN/LAYAR
Arah sumbu koordinat kartesian berkebalikan dengan yang digunakan di layar komputer. Pada layar komputer sumbu x bertambah positif ke kanan dan sumbu y bertambah positif ke bawah. Seperti pada gambar berikut jika sebuah titik pada koordinat cartesian digambar ulang ke layar komputer maka secara visual lokasi titik tersebut akan berubah.
CARA KERJA SCANNER
Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar. Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru, berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC). Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons. Scanner tersebut menurut WizCom dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar. Data yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII.
Pada saat ini banyak sekali scanner yang beredar di dunia dengan berbagai merk pula, Di antaranya scanner keluaran dari Canon, Hewlett Packard ( HP ), EPSON, UMAX dan masih banyak lagi. Perbedaan tiap scanner dari berbagai merk terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya. Pemakaian teknologi misalnya penggunaan tombol-tombol digital dan teknik pencahayaan.
Cara Kerja Scanner :
Ketika kamu menekan tombol mouse untuk memulai Scanning, yang terjadi adalah :
Penekanan tombol mouse dari komputer menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning.
Kemudian unit scanning menempatkan proses pengiiman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning.
Nyala lampu yang terlihat pada Scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan.
Setelah nyala lampu sudah tidak ada, berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.
Apabila hasil atau tampilan teks / gambar ingin dirubah, kita dapat merubahnya dengan menggunakan software-software aplikasi yang ada. Misalnya dengan photoshop, Adobe dan lain- lain. pot scanned.
Ada dua macam perbedaan scanner dalam memeriksa gambar yang berwarna yaitu :
Scanner yang hanya bisa satu kali meng-scan warna dan menyimpan semua warna pada saat itu saja.
Scanner yang langsung bisa tiga kali digunakan untuk menyimpan beberapa warna. Warna-warna tersebut adalah merah, hijau dan biru.
Scanner yang disebut pertama lebih cepat dibandingkan dengan yang kedua, tetapi menjadi kurang bagus jika digunakan untuk reproduksi warna. Kebanyakan scanner dijalankan pada 1-bit (binary digit / angka biner), 8-bit (256 warna), dan 24 bit (lebih dari 16 juta warna). Nah, bila kita membutuhkan hasil yang sangat baik maka dianjurtkan menggunakan scanner dengan bit yang besar agar resolusi warna lebih banyak dan bagus.
CARA KERJA MOUSE
Pada dasarnya, penunjuk (pointer) yang dikenal dengan sebutan “Mouse” dapat digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat 2 pengendali gerak di dalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan penunjuk, yang satu searah horisontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah). Jika kita hanya menggerakkan pengendali horisontal maka penunjuk hanya akan bergerak secara horisontal saja pada layar monitor komputer. Dan sebaliknya jika penunjuk vertikal yang digerakkan, maka penunjuk (pointer) hanya bergerak secara vertikal saja dilayar monitor. Jika keduanya kita gerakkan maka gerakan penunjuk (pointer) akan menjadi diagonal. Nah, jika bola kecil dimasukkan kembali, maka bola itu akan menyentuh dan menggerakkan kedua pengendali gerak tersebut sesuai dengan arah mouse yang kita gerakkan. Pada sebagian besar mouse terdapat tiga tombol, tetapi umumnya hanya dua tombol yang berfungsi, yaitu tombol paling kiri dan yang paling kanan. Pengaruh dari penekanan tombol atau yang di kenal dengan istilah “Click” ini tergantung pada obyek (daerah) yang kita tunjuk. Komputer akan mengabaikan penekanan tombol (click) bila tidak mengenai area atau obyek yang tidak penting. Kemudian dalam penggunaan mouse juga kita kenal istilah “Drag” yang artinya menggeser atau menarik. Apabila kita menekan tombol paling kiri tanpa melepaskannya dan sambil menggesernya, salah satu akibatnya obyek tersebut berpindah atau menjadi pindah (tersalin) ke obyek lain dan terdapat kemungkinan lainnya. Kemungkinan-kemungkinan ini tergantung pada jenis program aplikasi apa yang kita jalankan. Mouse terhubung dengan komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada mouse. Ujung kabel tersebut dimasukkan dalam port yang terdapat di CPU komputer.
CARA MEMBUKA WRITE PROTECTED PADA FLASHDISK
Sebagian besar flashdisk menyediakan fungsi proteksi data yang berguna untuk mencegah data terhapus tidak sengaja ataupun mencegah data terjangkit oleh virus dan bermanfaat juga untuk melakukan patching dengan flashdisk pada komputer yang terinfeksi virus.
Ada 2 cara untuk memproteksi data pada flashdisk yaitu dengan menggunakan:
1. Write Protection Switch
Lokasi switch ini berbeda-beda tergantung merk dan tipe flashdisk, namun umumnya terletak di bagian samping, dekat dengan port USB dan ukurannya cukup kecil. Switch ini bisa diset ke 2 posisi, yaitu Lock (biasanya dilabeli dengan gambar gembok tertutup) dan Unlock (biasanya dilabeli dengan gambar gembok terbuka).
Jika switch dalam posisi Lock, maka flashdisk dalam mode read-only alias flashdisk hanya bisa dibaca tanpa bisa ditulisi data baru. Agar anda bisa menghapus data maupun menulis data baru ke flashdisk, set switch ke posisi Unlock.
2. Write Protection Software
Memproteksi data pada flashdisk dengan software bisa dilakukan mengenkripsi/memproteksi password pada file/folder.
NONTON TV LEWAT INTERNET
Teknologi internet yang kian berkembang telah merambah kesegala bidang. Salah satunya adalah kemampuan nonton TV melalui internet. Teknologi ini bukanlah suatu teknologi baru walaupun masih tergolong baru dengan pemanfaatan IP Multicast. Seperti yg telah kita ketahui bahwa komunikasi internet menggunakan IP yang mempunyai sifat point to point dimana didalam header protokol terdapat informasi sumber dari alamat dan tujuan alamat. Lain dengan IP Multicast yang mempunyai alamat sumber tapi pada alamat tujuan ditujukan kepada publik. Bisnis internet TV ini sebenarnya telah muncul seiring dengan munculnya IP Multicast ini dan mulai marak sekitar 2 tahun lalu dengan munculnya cnn, hbo, dll kedalamnya. Salah satu pemain didalam negri yang tampaknya serius dalam bidang ini adalah dari Indosat dengan alamat web sitenya www.iglo.co.id, dan yang tampaknya masih dalam bentuk percobaan adalah metroTV yg sudah memanfaatkan media ini. MetroTV sendiri tampaknya belum secara resmi mengeluarkan service ini kepada publik walaupun anda sekarang sudah bisa menikmatinya.Untuk menonton metroTV yang dalam web sitenya iglo pada menu “Demo Metro TV” atau dengan menggunakan Media Player versi 7.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar